Mengenal Bagian Kesiswaan

Written by admin on . Posted in Spendanews

mosDalam upaya mengembangkan diri ada banyak kebutuhan yang sering kali tarik-menarik dalam hal pemenuhan pemrioritasnnya. Di satu sisi, para peserta didik ingin sukses dalam hal prestasi akademiknya, di sisi lain, ia ingin sukses dalam hal sosialisasi dengan sebayanya. Bahkan tidak itu saja, dalam hal mengejar keduanya, ia ingin senantiasa berada dalam keadaan sejahtera. Pilihan-pilihan yang tepat atas ketiga hal yang sama-sama menarik tersebut, tidak jarang menimbulkan masalah bagi para peserta didik. Oleh karena itu diperlukan layanan tertentu yang dikelola dengan baik. manajemen peserta didik tingkat satuan pendidikan berupaya mengisi kebutuhan tersebut.

Dua orang atau lebih yang bekerjasama tersebut, karena adanya aturan-aturan tertentu, ada yang bertindak selaku manajernya ada yang bertidak sebagai yang dimanajerinya. Orang yang mengelola tersebut ketika mengerjakan pekerjaannya tidak dengan menggunakan tangan sendiri melainkan tangan orang lain; sementara orang-orang yang dimanaj dalam bekerja dengan menggunakan tangan sendiri. Dalam bekerja tersebut, baik yang menjadi manajernya maupun yang dimanaj, dapat mendayagunakan prasarana dan sarana yang tersedia. Peserta didik mempunyai sebutan-sebutan lain seperti murid, subjek didik, anak didik, pembelajar, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebutan-sebutan yang berbeda pada buku ini mempunyai maksud yang sama. Apapun istilahnya, yang jelas peserta didik adalah mereka yang sedang mengikuti program pendidikan pada suatu sekolah atau jenjang pendidikan tertentu. Apa yang dimasud dengan Manajemen Peserta Didik? Knezevich mengartikan manajemen peserta didik atau pupil personnel administration sebagai suatu layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan dan layanan siswa di kelas dan di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individuan seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah.

Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Yang diatur secara langsung adalah segi-segi yang berkenaan dengan peserta didik secara tidak langsung. Pengaturan terhadap segi-segi lain selain peserta didik dimaksudkan untuk memberikan layanan yang sebaik mungkin kepada peserta didik.

Ruang lingkup peserta didik adalah sebagai berikut:

  1. Perencanaan peserta didik, termasuk di dalamnya adalah: school census, school size, class size dan efektive class.
  2. Penerimaan peserta didik, meliputi penentuan: kebijaksanaan penerimaan peserta didik, sistem penerimaan peserta didik, kriteria penerimaan peserta didik, prosedur penerimaan peserta didik, pemecahan problema-problema penerimaan peserta didik.
  3. Orientasi peserta didik baru, meliputi pengaturan: hari-hari pertama peserta didik di sekolah, pekan orientasi peserta didik, pendekatan yang dipergunakan dalam orientasi peserta didik, dan teknik-teknik orientasi peserta didik.
  4. Mengatur kehadiran, ketidak-hadiran peserta didik di sekolah. Termasuk di dalamnya adalah: peserta didik yang membolos, terlambat datang dan meninggalkan sekolah sebelum waktunya.
  5. Mengatur pengelompokan peserta didik baik yang berdasar fungsi persamaan maupun yang berdasarkan fungsi perbedaan.
  6. Mengatur evaluasi peserta didik, baik dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar, bimbingan dan penyuluhan maupun untuk kepentingan promosi pserta didik.
  7. Mengatur kenaikan tingkat peserta didik.
  8. Mengatur peserta didik yang mutasi dan drop out.
  9. Mengatur kode etik, pengadilan dan peningkatan disiplin peserta didik.
  10. Mengatur layanan peserta didik yang meliputi:
  • Layanan kepenasehatan akademik dan administratif.
  • Layanan bimbingan dan konseling peserta didik.
  • Layanan kesehatan baik fisik maupun mental.
  • Layanan kafetaria. Layanan koperasi.
  • Layanan perpustakaan.
  • Layanan laboratorium.
  • Layanan asrama.
  • Layanan transportasi.

 Mengatur organisasi peserta didik yang meliputi:

  • Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
  • Organisasi Pramuka di sekolah.
  • Palang Merah Remaja (PMR)
  • Club Olah Raga
  • Klub Kesenian.
  • Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
  • Kelompok Studi.
  • Club Pecinta Alam
  • Peringatan Hari Besar.
  • Pesta Kelas.
  • Organisasi Alumni.

TUGAS KESISWAAN

  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan
  2. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah / siswa serta pemilihan pengurus OSIS
  3. Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
  4. Menyusun program dan jadwal pembinaan secara berkala dan insidental
  5. Membina dan melaksanakan koordinasi pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kekeluargaan, dan ketaqwaan
  6. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima bea siswa
  7. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  8. Mengatur mutasi siswa
  9. Menyusun program kegiatan ekstrakurikuler
  10. Menyusun laporan pelaksanaan kesiswaan secara berkala

WEWENANG KESISWAAN

  1. Menyusun program pembinaan siswa / OSIS
  2. Melaksananakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa /OSIS
  3. Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
  4. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa / OSIS secara berkala dan insidental
  5. Membina dan mengkoordinasikan pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kekeluargaan, dan ketaqwaan
  6. Melaksanakan pemilihan calon siswa eladan dan calon siswa penerima beasiswa
  7. Memilih siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  8. Terbinanya kegiatan sanggar MGMP/media
  9. Tersusunnya laporan pendayagunaan sanggar MGMP/media
  10. Terlaksananya pemilihan guru teladan
  11. Terbinanya kegiatan lomba-lomba bidang non akademis
  12. Mengatur mutasi siswa
  13. Menyusun program kegiatan eksrakurikuler
  14. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala

TANGGUNG JAWAB KESISWAAN

  1. Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yaitu untuk melaksanakan tugas berpedoman kepada perintahNya dan meninggalkan laranganNya
  2. Tanggung jawab revolusi yaitu untuk memperjuangkan, mempertahankan, mengembangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  3. Tanggung jawab sosial, yaitu kepada anggota masyarakat, ikut aktif bersama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  4. Tanggung jawab institusi / kelembagaan, yaitu kepada organisasi dan kepada Kepala Sekolah
  5. Tanggung jawab hati nurani, yaitu kepada diri sendiri

HASIL KERJA YANG DIHARAPKAN

  1. Tersusunnya program pembinaan kesiswaan dengan baik
  2. Tersusunnya bimbingan, pengaarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dengan baik terutama penegakkan disiplin
  3. Terbinanya pengurus OSIS dalam berorganisasi secara efektif dan efisien
  4. Tersusunnya program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental
  5. Terbinanya dan terlaksananya koordinasi pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kekeluargaan, dan ketaqwaan
  6. Terlaksananya pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima bea siswa
  7. Terpilihnya siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  8. Teraturnya mutasi siswa
  9. Tersusunnya program kegiatan ekstrakurikuler
  10. Tersusunnya laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala

Tags: , ,

admin

Ahmad Fauzi - Administrator Website SMP Negeri 2 Brebes. Admin Web sing paling ganteng

Leave a comment

sejutatrafik.com

Dapatkan Free Ebook Berkualitas Untuk Mendukung Bisnis Anda Seakrang Cuma Disini

poker 99 online

poker 99 online

www.sewasoundrazqa.com sewa panggung rigging

Panggung Karpet, Melamin, Rigging Alumunium, Full Rigging, Semi Rigging & Gawang